Rabu, 14 November 2007

File Besar diiris Jadi kecil-kecil

Ukuran file yang terlalu besar bisa menjadi masalah saat Anda ingin mengirimnya via Email. Pengguna Internet dengan koneksi yang payah dipaksa untuk bersabar dalam waktu yang cukup lama untuk bisa menyambut file raksasa yang ditunggunya. Belum lagi muncul masalah pada server mail. Bukan tak mungkin Email berlampiran besar itu "nyangkut" pada server dan tak bisa diterima oleh rekan Anda. Anda bisa menyiasati masalah seperti ini dengan cara memecah file besar tersebut menjadi beberapa bagian, sebelum mengirimnya melalui Email. Disamping itu, cara mengirim Email dengan memecah dahulu file yang akan dikirim, sedikit banyak akan menjamin keamanan file tersebut dari orang yang mencoba mencuri file yang hendak kita kirim. Aplikasi gratisan yang bisa Anda gunakan salah satunya adalah Splitter Light V4.0.

Splitter Light V4.0 bisa membagi sebuah file besar, bahkan juga sebuah direktori (yang mungkin berisikan subdirektori), menjadi beberapa bagian yang berukuran 1.44MB secara default. Tapi jika ingin, Anda bisa mengatur lagi besar file hasil pemotongan. Syaratnya, ukuran tersebut harus bernilai integer dalam satuan Kilobyte.

Embel-embel "light" diberikan pada Splitter karena ukuran Aplikasinya sangat kecil, hanya 35kb. Aplikasi gratis ini tersedia di situsnya dalam format .Zip. Setelah berhasil mengunduh dan mengekstraknya, Anda bisa langsung menggunakan Splitter tanpa perlu menginstalnya ke dalam PC. Jika ingin, Andapun bisa menjalankan Splitter langsung dari dalam Flashdisk atau media penyimpanan lainnya.

Sebagai contoh, pada saat pengujian, Saya mencoba membagi sebuah file berformat .exe yang berukuran 12,5 MB. Hasinya, Splitter mambaginya menjadi 11 bagian dalam sebuah folder yang telah ditentukan sebelumnya. Untuk menyatukan potongan-potongan tersebut menjadi satu bagian utuh, inilah nilai minusnya, Anda harus memiliki Splitter.

Splitter Light 4.0 ScrenShoot Images


Download disini


6 komentar:

wah info yang bagus arya, karena saya juga mengalaminya..sering kirim imel plus gambar tapi lama banget....

thank yach infonya..

to: Koz
sama-sama mas, krn dl saya sering kirim email yg ukurannya segede gajah. saya berfikir ada gak yah software yg bisa memecah file, setelah goggling cukup lama akhinya ketemu Splitter Light V4.0 di situsnya http://www.martinstoeckli.ch/splitter/

tp kelemahannya, orang yg kita kirimi file yg uda di pecah, harus memiliki software Splitter jg untuk menyatukan pecahan file tersebut...

hmm patut dicoba tuh

to: Didiet

Silahkan dicoba bro, mumpung gratisan. hehe...

mantap gan langsung menuju TKP....

wah masih belum paham, tapi patut dicoba tipsnya