Selasa, 06 November 2007

Anda dapat $10,000,000? jangan senang dulu

Beberapa waktu yang lalu (tepatnya beberapa bulan yg lalu) ketika saya ngecek Email, saya dikejutkan dengan Email yang kurang lebih berisi bahwa saya telah memenagkan hadiah berupa uang yang bernilai jutaan dollar US dengan syarat saya harus mengirimkan data-data pribadi untuk keperluan regestrasi. Kontan saja saya terkejut dan tidak percaya, wong saya aja gak pernah ikutan kuis ataupun lotre (kalo pasang togel sih pernah ). Tidak jarang juga saya mendapat kiriman Email yang berisi iklan-iklan yang menawarkan berbagai macam produk, mulai dari produk-produk elektronik, kendaraan, furniture, software, hingga produk-produk penambah stamina pria yang kita kenal juga dengan Email spam.

Email bohong yang bernada tipuan saat ini banyak berkeliaran di Internet. Email bohong tersebut bisa tiba-tiba nyelonong masuk ke mailbox siapapun juga, termasuk Email Anda. Maka dari itu Anda harus bersikap waspada dan jangan keburu senang dulu.

Setidaknya ada empat macam dan jenis Email tipu-tipu. Biasanya terbagi dalam ciri besar seperti foto palsu (hiu memakan perahu boat, kucing monster, dll). Ada pula yang berupa surat berantai dengan isi beragam baik itu ancaman, permintaan atau janji untuk memberikan uang ataupun memenangkan undian berupa sejumlah uang. Model-model lain yang juga banyak berkeliaran adalah cerita-cerita yang bohong serta iklan. Memang ada beberapa iklan yang bermanfaat seperti review produk terbaru ataupun software anyar, tapi sebagian besar adalah ikan "sampah". Yang paling berbahaya disebut dengan "phishing".

Anda harus sangat waspada dengan phishing, sebuah jenis kejahatan yang berniat untuk mendapatkan data pribadi yang penting tentang rekening Anda di sebuah bank. Penjahat phishing akan mengirim email berpura-pura dari sebuah Bank besar. Biasanya mereka akan berbohong menyebutkan demi alasan keamanan sedang mengganti PIN Internet Banking Anda. Jika Anda memasukkan nomor-nomor penting, tentu saja akan masuk ke database mereka. Maka itu jangan pernah merespon Email phishing!! Atau jika Anda ragu, segera konfirmasikan Email tersebut ke Bank yang bersangkutan. Antiphishing.org menyebutkan bahwa kejahatan phishing terbesar terjadi di negara China kemudian disusul oleh Amerika Serikat. Indonesia?? gak ada tuh

Bagaimana menyikapi Email hoax? Pertama Anda anggap saja cerita maupun foto bohong itu sebagai hiburan. sebagian besar orang memang akan percaya dan karena menganggap menarik akan langsung memforward ke rekan-rekannya. Hindari hal ini!! Bersikaplah bijaksana. Tertawalah dan pikir ulang sebelum mengirim ke teman atau relasi.

Singkatnya, setiap menerima email seperti itu langkah anda adalah:
1. Skeptis, jangan terlalu peduli walaupun diiming-imingi $$$.
2. Tahan niat untuk mengirimkannya kepada teman.
3. Kerjakan saja pekerjaan Anda dan jika Anda tidak punya kerjaan dan
penasaran, cek saja kebenaran Email itu.

5 komentar:

duh, hampir tiap hari ketika saya cek imel pasti ada yg kayak begituan ? kayaknya itu tipu2an dech arya, jgn percaya..ati2..

@ KOZ
Iya mas, sama. jd capek ngapusin Email spam dr pd bacain Email yg masuk, hehe... Saya dulu hampir aja kena tipu, untung aja ada tmn yg blgin kl itu cuma scam. yah selamat deh, buat sobat yang lain ati2 jg yah. skarang ini lg marak2nya penipuan lewat media Internet. Jd inget kata bang Napi "Waspadalah... Waspadalahhh...."
hehe..

iya nih....kadang orang2 terlalu mudah ditipu dengan email2 kayak itu.

wah harus selalu waspada neh.....